Waspada Gigi Sensitif Akibat Proses Pemutihan Gigi

Dream – Jika dulu sebagian orang pasrah dengan kondisi gigi berwarna kuning dan kusam, kini tren itu sudah berubah. Dengan kecanggihan teknologi, semua orang bisa memiliki gigi putih cemerlang.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memiliki gigi seputih mutiara, diantaranya dengan melakukan bleaching dan whitening pada gigi. Dengan mengoleskan bahan pemutih pada gigi selama beberapa waktu, gigi kusam bisa jadi putih bersih dalam waktu sekejap.

Di supermarket dan toko kesehatan bahkan sudah banyak dipasarkan alat pemutih gigi yang dapat diaplikasikan sendiri di rumah.

Namun, pemutihan gigi memiliki efek samping yang perlu Anda ketahui. Mulut kamu bisa mengalami iritasi dari jaringan lunak mulut (bibir, gusi, lidah) dan hipersensitivitas gigi.

Iritasi biasanya terjadi bila bahan pemutih tidak sengaja berkontak dengan jaringan lunak untuk waktu yang cukup lama.

Hipersensitivitas biasanya terjadi jika konsentrasi bahan pemutih yang digunakan sangat tinggi dan bersifat sangat asam. Jika dilakukan dengan tidak tepat, pemutih gigi dapat mengikis lapisan pelindung gigi terluar atau yang biasa disebut dengan enamel.

Jika enamel terkikis, maka dentin gigi yang dilindunginya akan menjadi terbuka. Dampaknya gigi menjadi sangat sensitif.

Gigi sensitif yang tak ditanggulangi akan menimbulkan peradangan pulpa dan saraf yang menyebabkan kematian gigi.

Gigi mati akan membusuk dan menjadi sarang bakteri jahat. Kuman yang tak terkendali ini bisa menyebar ke seluruh menyebabkan penyakit seperti diabetes dan stroke.

Karena itulah, gigi sensitif perlu segera diatasi. Caranya? Berikut ini lima tips untuk mengatasi gigi sensitive dilansir dari thelivescience:

Menggunakan pasta gigi yang tepat

Seperti Enzim Classic Mild. Dengan rasa yang lembut, pasta gigi ini dibuat tanpa detergen sehingga sangat aman untuk gigi yang sensitif.

Terdapat lima Enzim aktif yaitu Amyloglucosidase, Glucose Oxidase, Lactoperoxidase, Lysozyme dan lactoferrin dapat membantu melindungi air ludah dengan mengontrol keseimbangan bakteri dalam mulut. Enzim membantu mencegah gigi berlubang dan permasalahan gusi, menjaga gigi dan rongga mulut anda tetap bersih.

Gunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut

Menggosok gigi dengan sikat yang berbulu keras dapat membuat lapisan gigi semakin terkikis. Apalagi jika dilakukan dengan gerakan yang kasar. Ganti sikat gigi Anda dengan sikat berbulu lembut dan perbaiki teknik menyikat gigi Anda.

Hindari makanan yang bersifat asam

Makanan yang bersifat asam seperti minuman bersoda akan memperparah kondisi gigi sensitif. Karena asam dapat melarutkan lapisan gigi.

Gunakan obat kumur setelah menyikat gigi

Untuk memastikan tidak ada sisa makanan yang tertinggal setelah menyikat gigi, berkumurlah dengan obat kumur selama 20 detik lalu buang. Obat kumur juga dapat menjaga nafas segar lebih tahan lama.

Melakukan proses pemutihkan gigi di dokter gigi

Sebaiknya proses pemutihan gigi dilakukan oleh orang yang ahli di bidangnya. Apalagi jika Anda baru pertama kali akan melakukannya.

FIND US

PT. ENZYM BIOTEKNOLOGI INTERNUSA

Komp. Sunter Icon Blok D No. 5-6
Jl. Griya Sejahtera, Sunter Agung
Jakarta Utara 14350, Indonesia

FACEBOOK

INSTAGRAM