Hindari Pengunyahan Sebelah!!!

Hindari mengunyah makanan hanya dengan sebelah rahang. Jika ini berlangsung terus menerus dalam jangka waktu yang panjang, anda akan menuai akibatnya. Pengunyahan yang baik seharusnya dilakukan di kedua sisi rahang. Namun tidak sedikit pula yang melakukan hanya di salah satu rahang. Biasanya orang yang melakukan pengunyahan sebelah dikarenakan ada masalah pada gigi-gigi di rahang yang lain, misalnya gigi gerahamnya sudah ompong atau mengalami kerusakan yang tidak memungkinkan untuk mengunyah atau menimbulkan ketidaknyamanan. Selain itu, adapula yang disebabkan oleh kebiasaan buruk mengunyah di salah satu rahang meskipun gigi-gigi di rahang yang lain tidak mengalami masalah. Pengunyahan yang selalu dilakukan pada satu sisi rahang akan mempunyai beberapa akibat, yaitu :

  1. Timbulnya karang gigi pada sisi rahang yang tidak digunakan untuk mengunyah.Pengunyahan akan merangsang keluarnya air ludah. Maka pada sisi rahang yang tidak digunakan untuk mengunyah, aliran air ludahnya lebih sedikit, sehingga memicu terjadinya karang gigi dan terbentuknya koloni bakteri lebih cepat, sehingga lambat laun akan mengakibatkan gigi berlubang dan radang gusi.
  2. Masalah pada persendian rahang atas dan bawah (Temporo Mandibular Join) akibat beban pengunyahan yang tidak seimbang antara sisi kiri dan kanan.
  3. Pembukaan mulut juga akan tidak simetris, akibat beban kunyah yang berbeda antara sisi kiri dan kanan sehingga mempengaruhi aktivitas otot-otot di sekitarnya.

Menilik akibat-akibat yang mungkin terjadi, jagalah gigi-gigi anda supaya tidak rusak dengan menggunakan pasta gigi enzim dan mulailah dari sekarang membiasakan diri mengunyah makanan –selalu- dengan gigi-gigi di kedua sisi rahang.

FIND US

PT. ENZYM BIOTEKNOLOGI INTERNUSA

Komp. Sunter Icon Blok D No. 5-6
Jl. Griya Sejahtera, Sunter Agung
Jakarta Utara 14350, Indonesia

FACEBOOK

INSTAGRAM